Selasa, 30 Agustus 2011

LUAR BIASA



Bila anda mencari alasan untuk sebuah kegagalan, anda bisa temukan berjuta-juta dengan mudahnya. Namun, alasan tetaplah alasan. Ia takkan mengubah kegagalan menjadi keberhasilan. Kerapkali, alasan serupa dengan pengingkaran. Semakin banyak menumpuk alasan, semakin besar pengingkaran pada diri sendiri. Ini menjauhkan anda dari keberhasilan; sekaligus melemahkan kekuatan diri sendiri. Berhentilah mencari suatu alasan untuk menutupi kegagalan. Mulailah bertindak untuk meraih keberhasilan.

Belajarlah dari penambang yang tekun mencari emas. Ditimbanya berliter-liter tanah keruh dari sungai. Ia saring lumpur dari pasir. Ia sisir pasir dari logam. Tak jemu ia lakukan hingga tampaklah butiran emas berkilauan. Begitulah semestinya anda memperlakukan kegagalan. Kegagalan itu seperti pasir keruh yang menyembunyikan emas. Bila anda terus berusaha, tekun mencari perbaikan di sela-sela kerumitan, serta berani menyingkirkan alasan-alasan, maka anda akan menemukan cahaya kesempatan. Hanya mencari alasan, sama saja dengan membuang pasir dan semua emas yang ada di dalamnya. 

Senin, 29 Agustus 2011

Sudut Malam Kota

Bagiku belum puas rasanya kalau tidak menjalani kota ini di tengah malam..
Bermodalkan ongkos angkot, aku memulai langkah ke sebuah tongkrongan anak jalanan di sudut kota ini.
Tak ada hal aneh yang kulihat saat itu, anak kecil mengamen, pengemis tua dan muda, preman setempat, dan bbrapa orang yang lalu lalang serta suara ribut kendaraan.. 
Untuk menghilangkan rasa cemas yang mendalam, aku memainkan handphone sembari melihat keadaan sekitar sambil duduk di atas batu besar jalanan... 

Hampir satu jam berada di tempat itu, suasana sudah berubah. Tak ada lagi suara bising kendaraan, tak tampak banyak orang yang melintas. Justru yang terlihat adalah membludaknya anak-anak jalanan... Tentu membuatku semakin khawatir. Tapi tetap kuyakinkan diriku untuk melihat realita di tempat ini... 

Semua pikiranku membuyar saat seorang anak menghampiriku... "Bang, bang.. ngapain disini sendirian??. Nanti ada avatar loh, abang pasti takut sama dia... hahahahah", ia mengucapkan nya  ala mabuk sambil meniru gaya tokoh kartun avatar.... Lalu ia mengeluarkan "lem aibon" dari balik baju kusamnya dan menghirupnya.... Terasa bebas, ia terlihat begitu puas .... ia berkata sesuka imajinasinya...
Aku beranjak pergi saat sosok besar mendekatiku... dan Beralih ke sudut lainnya... 

Berbeda dengan situasi ssebelumnya, kini aku dihadapkan dengan "wanita jantan" dengan gaun mini nya...
Dengan cara klasik ia bertanya "bang, dah jam brapa ni ?" (sambil menunjuk arloji yg kupakai)
"Eh, ehm.. udah jam 12 'bang', ups maksudku 'kak'", jawabku ...
"Duuhh, gak usah grogi gtu dong bang dket2 aku..", balasnya dngan PD
(*siapa yg grogi..?? gue takut bukannya grogi)

Dengan dalih menunggu teman, aku berhasil membuatnya menjauh. hufthhh.... 
*agak lega
Semakin larut keadaan dsana semakin menggila, sepasang insan saling bercumbu dibalik tebalnya tembok gedung.... dan yang mengherankannya adalah pasangan sejenis pun mlakukan hal itu di sana.

anak kecil jalanan hanya dapat melihat kbiasaan orang dwasa jalanan itu dengan kepuasaan "mabuk lemnya"...

tak ingin ambil resiko, aku pun terus menelusuri tempat lain... tempat dmana wanita Pekerja Seks Komersial beroperasi malam... melihat dan mendengar proses transaksi agak membuatku geli,. pasalnya banyak juga tukang becak yang menawar dengan harga "murah"., 20 ribu rupiah.. 
* hahaha.. *tertawa dalam benak
mungkin inilah yang dinamakan "lucky". wanita2 tsb blum bruntung shingga mrka menemukan cara buntu dan naif., dengan harga tawaran 20 ribu itu pun mreka meng'iya'kan ... 
(tawaku terhenti)
... 
 ## entah harus menyalahkan siapa atas kondisi seperti itu, salah keluarga kah?? salah pemerintah kah ?? 
atau salah diri mrka sendiri yang tak mau merubah nasib ?? ... Pertanyaan yang tak bsa dijawab sepenuhnya


 
Perjalanan ini kuakhiri pada pukul 3 pagi... 
Belum ada yang bsa kulakukan untuk membantu mereka, belum tuk saat ini. 
Aku berharap agar kelak aku mampu menjadi "garam dan terang" bagi diriku sendiri, keluargaku dan bagi mereka..... 












Kamis, 18 Agustus 2011

Lagu anak-anak yg menyesatkan

sumber : (http://sule-ovj.blogspot.com/2011/08/lagu-anak-anak-yg-menyesatkan.html)

Survey membuktikan, bahwa selama ini Anak Indonesia dari kecil sudah diajari kebohongan. Kagak percaya? Mari kita buktikan :

- Halo-halo Bandung ... Ibu kota Periangan? (bukannya Bandung itu ibu kota Jawa Barat?!)

- Pok ame ame ... belalang kupu-kupu ... siang makan nasi, kalo malem minum susu? (Ini gak jelas banget lagu untuk anak2 atau orang dewasa )

- Nina bobo O nina bobo ... kalo tidak bobo digigit nyamuk? (Menurut psikolog : jadi sekian tahun anak2 Indonesia diajak tidur dgn lagu yang penuh dgn nada mengancam)

- Bintang kecil dilangit yang biru ...?
(Bintang kan adanya malem hari, lah kalo malem emang warna langitnya biru?! Ngaco kan? ...)

- Ibu kita Kartini ... Harum namanya?
(Namanya Kartini ato Harum ?)

- Pada hari minggu kuturut ayah ke kota ... naik delman istimewa ku duduk di muka ? (Naaah, kagak sopan kan ... masak duduk di muka?? Duduk mah di kursi?!)

- Cangkul-cangkul, cangkul yang dalam ... menanam jagung di kebun kita?
(Kalo mau nanam jagung, ngapain dalem-dalem?? emang mau bikin sumur?!)

- Pelangi-pelangi alangkah indahmu ... pelukismu agung, siapa gerangan?
(Kan udah tau yang ngelukis si Agung, masih nanya siapa gerangan?!)

- Ambilkan bulan bu ... Ambilkan bulan buu .. Yang slalu bersinar di langitt?
(Duuh ... ngerepotin emak lu aje, Nak ... Lu kira astronot ape emak elo bisa ngambilin bulan)

- Si kancil anak nakal suka mencuri ketimun , ayo lekas dikurung jangan diberi ampun (wah parah!! Lagu ini mengajarkan anak anak untuk tidak memberi belas kasihan atau kesempatan kedua , sadis ...)

- "untuk menemani tidurku di malam ini"? di lagu ambilkan bulan bu ( emang dikira rumahnya segede istana apa? Istana aja belom tentu bulan muad )

Rabu, 17 Agustus 2011

SUARA

>> suara anak anjing: “…guuwk..guwk…”
>> suara anak ayam : “..kukuuruyuuk…”
>> suara anak kucing: “ngeoong..ngeoong..”
>> suara anak monyet :



kok diemm ? ngomong dong nyet..!!!!!!!!!!!!!


Selasa, 16 Agustus 2011

Back Packing in Weh Island

Liburan semester 4 ini gue emang gak balik ke bkasi. Dua bulan sblum libur, temen gue ngajak jadi back packer di pulau weh (sabang). Dia bilang sih mau ngunjungin tempat yg namanya kilometer nol (ujung Indonesia).
Otomatis gue tertarik. Minggu pertama liburan, (gue, rasyid, n ihsan) dah mulai prepared.. Mulai dari uang, peralatan, stok mentah makanan, n alat medis tentunya.. Rencananya kami bakalan stay dsna sminggu,

Ok, singkat cerita kami dah nyampe di Banda Aceh, waktu itu ongkos msih 120 ribu..
Oiya, uang yg kami bawa gk bnyak loh, cuma Rp320 ribu/org. Hahaha, gk kebayang bakalan jd apa dsna..
Pas dah nyampe di Banda, kami bingung mw ngapain coz nyampe nya jm 2 pagi, masih sepi banget.. (ini pertama kalinya buat gue, rasyid, n ihsan pergi ke aceh).. masih buta ttg kota ini

Dari terminal Banda, gue dkk lgsung jalan kaki ke arah Pelabuhan Oleulheue dngn modal nanya2 org.. gak deket  loh. 6 jam prjalanan klo jalan kaki... haha, nekad ah.
Masjid raya Baiturahman dan museum tsunami dah dilewatin. Di ke2 tmpat itu lah kami melepas lelah, sekalian foto2... hmmm.

Karna dah capek bnget, akhirnya kami naik angkot dari museum. Gileee,, kirain harga angkotnya murah, tau2 nya mahal coy., masak iya Rp.15 rbu seorang. Padahal deket kok .,gak ada setngah jam udah nyampe di pelabuhan. Pantesan aja jarang ada angkot disana. malah hampir bsa dibilang gk ada angkot.

Di pelabuhan, kami milih naek kapal lambat, coz cuma Rp18 ribu. irit ongkos.

Setelah 2 jam dari pelabuhan, nyampe jg di Pulau weh.. Sumpah, gak kalah indah sama Lombok,, cuma kurang diperhatiin sm Pemda aja, klo gk pasti pulau ini bisa ngalahin Bali. (lebay)

berhubung barang bawaan kami berat2, kami berunding tuk terus jalan ke "km nol" atau stay di pinggir pantai dket pelabuhan ..
gue ngusul buat stay bentar di pantai spaya bsa masak (lunch), hbis itu lanjut jalan. Yodah deh, kliling bentar nyari pantai yg cocok... Pas dah dapet, eh bukan nya malah msak tp malah berenang n diving .. Selesai diving, lgsung msak indomie. apa adanya. cara masak nya primitif cuy, nyari daun kering, ranting, n kayu2. bahan bakarnya dari kertas n plastik.. cara makan nya jg kya org primitif gra2 kelaperan... hahaha, gak terlupakan deh moment ini.... perut kenyang. Dan kaki pun terus beradu ...

Ditengah perjalanan, hujan turun. deras banget.
berhenti buat neduh, rasyid lgsung buka carriel n ngambil terpal. tanpa basa basi gue bertiga langsung berlindung di bwah terpal tanpa pondasi kayu sambil dempet2 an ...
kocak ah,

dah 12 jam jalan kaki. sambil tuker2 an tas carriel (krna berat nya gk sama, biar sm2 ngerasain), kami numpang mobil bak yg lewat. turun di kota sabang (jam 8 malam). Untung nya sopir nya baik, dia ngasi tau smw info ttg jalan ke km nol, dr sbang butuh waktu 2 hari lg klo jalan kaki...
sebenernya sih sanggup, tp dsna lg musim hujan, baru bentar jalan eh udah ujan. dngan brbagai kputusan, akhirnya kami gk jadi lanjut jalan. (masak gk bsa, mau makan apaan nnti). bermalam di pajak sayur (pasar sayur). duit kepake jg buat beli bakso. coz perut dah nangis..



Singkat cerita aja nih, kami cuma stayed 5 hari di pulau weh.. capek., tp slama 5 hr itu, kami dah banyak kenal dngn pnduduk asli... mreka smw ramah. sempet dikasi 8 buah kelapa muda saking lapernya..

*yg tak terceritakan :
- kaki ihsan luka gr2 nyari kepiting
- bermalam di kapal (numpang)
- suasana makan mie di mushola
- rasyid n gue gk pake "cd"
- bermalam di depan loket 
- suasana diving 5 jam
- ganti pakaian di depan loket pelabuhan pulau weh