Minggu, 10 November 2013


USU dan UI

Minggu, 10 November 2013.

Gak nyangka, udah 4 tahun gua gak ketemu sama teman teman SMAN 5 Bekasi. Tapi kali ini gua ngerasa dapat kehormatan buat ketemu salah 1 temen baik gua yang lagi tugas di Medan. Huda S. M namanya.
Sempat malu karna dia udah dapat kerja di sebuah Perusahaan Galangan Kapal,
-training di Belawan- sedangkan gua belum juga berjubah Toga. Jiper banget.

Setelah sebelumnya udah janji ketemuan, tepat siang ini kami ketemu.
Sumpah, dia masih sosok temen yang dulu gua kenal, bongsor item dan asik diajak ngobrol. Bedanya Cuma satu, gaya ngomong dia udah lebih dewasa. Gak selenge’an kyk dulu.
Ketemuannya di Merdeka Walk, Medan. Trus, lunch di salah satu Food Court.

”Pa kabar lo chad ? anjrit ye lu masih aja kyk dulu gak banyak berubah”.
”emang mau berubah gimana hud .... ”

Hahaha, udah lama gua gak ngomong pake style Jakarta. Jadi agak canggung. Masih keliatan logat Medan-nya.
Yang pertama jadi topik bahasan tuh si Koe (Desi) and Drajat., mereka tmen dekat kami berdua juga. Tapi langkah mereka lebih cepat.. –dah merit-
dah gak tahan kali mereka berdua, jadi duluan deh meritnya. Koe merit sama senior gua waktu SMA, sedangkan Drajat merit sama cwek yg blm gua kenal sampe skarang.

Agak ngakak ngebahas mereka.
”Chad, lo inget gak waktu di PLASSOKE (Pecinta Alam SMAN5 Bekasi)  ?? ”
”Ya, emang napa ?”
”lo inget gak siapa dari Rimba kita yang umurnya paling tua ?”
”Hmm,, bukannya loe ya  ?
“Yee,, bukan !!!! masa lo gak inget sih .. si Koe yg paling tua, ”
”Oiya, trus napa ?
”Dia sadar paling tua diantara kita, makanya dia merit duluan.. ”
Haahahahah..
”Bner juga tuh..” 

gua juga flashback sm 1 cewe tomboy yg cerewet -itudulu- 
namanya Meta tapi sekarang dia  bener bener beda.. gua sama huda ngakak ngomongin dia yg sekarang udah feminin, sering pake jilbab, dan ngerti gaya ,, hahaha 
kalo dulu mah dia laki abiss.. -lebay-

(lanjut ngebahas objek wisata Medan dan kulinernya, serta kesibukan masing-masing)

Gua sama Huda cabut dari Merdeka Walk, otw ke Kampus USU, dia bilang penasaran pengen liat USU. Alhasil gua jadi The Simply Tour Guide at that time.
Capek keliling USU, gua ngajak dia ke kost -gak jauh dari USU-.
Dikost, dia bnyak banget cerita ttg pengalaman dia. Gak kebayang ternyata dia udah Go Abroad cuyy. Malaysia, Thailand, Singapore. Anjrittt, iri gua jadinya.
Emang modal nekat dia mesti diacungin jempol.
Kalo semua jari gua jempol,, semuanya gua kasih buat lo Huda. Dia kesana sendirian cuy, dengan uang yg menurut gua gak banyak, yah standard tuk makan and transport  lah –sok tau- iri liat recording video dia disana
Jiwa Backpacker dia itu yang gua  pengen banget punya.
 
Huda termasuk salah satu temen gua yang emang smart banget, jago Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris. Kuliah di Universitas Indonesia (UI) , cepat wisuda, langsung dapat job bagus. Hari itu gua ngerasa ngobrol sama orang yang jauh diatas gua.

”Gua jadi kebanyakan iri sama lo da, jadi pengen cepet tamat n dapat kerja”
”Chad chad... gua aja nyesel cepat tamat. Kangen masa kuliah chad. Males kuliah, gak usah masuk –titip absen- tidur dikost.. Lah sekarang gua mesti bner2 fokus kerja”

Ya, itulah manusia.

Hari ni gua banyak belajar dari lo Huda. Ngerasa senang banget bsa ketemu (pertama kalinya) sama temen lama gua setelah pada mencar ke penjuru lain.


Hal yang paling sering kami bahas adalah PLASSOKE. Organisasi pecinta Alam yang udah ngebentuk mental rimba-rimba dari angkatan pertama sampai terakhir. Terutama rimba kami, Rimba 17. Organisasi yang terus jadi kenangan sampe skarang. Senang bareng, susah bareng, sakit bareng, fighting bareng, nangis bareng.. banyak deh.
Sekarang semua anggota Rimba 17 lagi (dan sudah) menempuh First Graduate. Bangga menjadi bagian dari mereka.
Kangen ngumpul bareng, dan sibuk bareng.
But it was and it still being our memories


Sekitar jam 6 sore Huda balik ke Belawan, tempat dia kerja. Training 2 bulan disana.
Dan sebelum dia pergi dari kost gua, kenangan ini di-abadikan lewat foto kami berdua.. 
pose foto loe emang gk ganti ganti bro.. ala pasta gigi

Hahaha. Mirip kannn .. Gut luk bro buat kerjaan lo disana.. Gut Luck tmen2 Rimba 17 yang lainnya. Doa gua slalu buat lo smua..

Rabu, 14 November 2012

AKU YANG DULU

banyak hal yang sudah kujalani, terutama saat perkuliahan ini
tak banyak yang tau siapa aku. Aku chadra. Biarlah blogku ini menjadi diariku yang nantinya terhias dihari lain. Sudah lama tak mengisi blog ini setelah disibukkan oleh beberapa aktivitas.

Aku rindu menuang perasaan. Perasaan yang semua manusia pun memilikinya. Aku rindu. Rindu terhadap banyak hal. Aku rindu keluargaku, aku rindu kawan SMA ku, aku rindu sahabatku, aku rindu bekerja. Tak dapat tertuang 1 per 1.

- Tapi ada yang lebih kurindukan-.

Aku merasa bukan aku saat ini. Terlalu banyak kekosongan menghinggapiku. Aku bukan aku saat ini. Menangis sambil tertawa. Darahku banyak tercecer di atas batuan, terbawa aliran air, terhembus angin, menguap di udara. Aku terus berlari sejauh ini. Bahkan seketika pun aku berhenti mencari oksigen tuk mengenyangkan jiwa. Aku kembali berjalan sesaat sembari melihat sekitar.
Aku juga manusia biasa, mampu kuat dan lelah. Hanya ada satu sayang di hatiku, aku sayang aku. Hanya ada satu benci di hatiku, aku benci aku.
- Ya, ambigu memang -

aku rindu aku yang dulu, yang seperti apa ? -aku pun ragu-
yang jelas aku yang mampu tersenyum di bibir dan di jiwa.
aku yang tak takut berjalan maju sambil berlari tanpa terhenti.
aku yang nyaman dan tenang menghirup oksigen tanpa rasa cemas.
dan aku yang tak terlalu merindukan banyak hal,

-hanya ingin merindukan aku yang dulu-


Senin, 07 Mei 2012

Mushroom Kotoran Sapi

Jamur. Tentu banyak orang tau tentang tumbuhan yang satu ini. kali ini Gue mau berbagi info buat lo yang belum tau tentang mushroom dari kotoran sapi.
Pasti loe lebih sering denger jamur dari tumbuhan berkayu, emang beberapa jamur ada yang bisa diolah lanjut jadi menu yang enak, sehat, bahkan bisa jadi obat... contohnya jamur tiram, yang selain jadi bahan sayuran tapi bisa juga jadi  fried tiram yang rasanya gak kalah dengan fried chicken.. (lo coba aja sndri ..).

Kata pengantarnya udah cukup yee.. sekarang balik lagi ke "kotoran sapi" asal nya magic mushroom yang bakalan kite ceritain..

Oke... Ni cerita yang gue alamin seputar jamur ini ..

"Chad, lo pernah nyabu, nyimeng, ato ngeganja ??"
"Gila lo, blom lah... dan gak bakalan mau gue".. itu yg gue jawab.
waktu tu gue lagi ngumpul sama temen2 kenalan gue di daerah Tembung, Medan di rumah si "AR". Disana ada minuman ringan Fanta, dan Sprite (eh, gak ada indikasi promosi ye)... Nah, setelah dia nanya tntang pertanyaan konyol itu, gue ngeliat 1 temen gue masukkin "semacam jamur" kedalam fanta (Botol 1L).
gue gak banyak nanya.. nih chad, fanta lo, gue disuguhin 1 gelas fanta yang udah dimasukkin jamur.
Lama kelamaan nih, selang + 20 menit, temen2 gue pada ngelantur omongan nya... eh,, gue ikud2an... tau gak ?? hampir 3,5 jam kami pada ketawa2 kayak orang gila... dari tiap obrolan tuh pasti ada aja yang ketawa, padahal mah gak ada yang lucu.. dah gitu habis ktawa2,, katauan deh sikap asli masing2,, yang pendiem bener2 jadi pendiem, kagak mau diganggu.. si "D" bengong sendiri di sofa,
Nah , yang suka ngomong bner2 ngomong terus,, kagk berhenti ngoceh...
yang melankolis, eh tiba2 nangis tanpa sebab..
sedang kan gue sendiri ngelakuin sifat gue (###sensor), kebetulan sifat gue sama kya temen gue yang 1 lagi, si "TE".. (gak mau bongkar dsini)...

Lo semua mesti tau, ternyata efek yang terjadi tuh gara gara Si JAMUR ato magic mushroom yang direndem di Fanta...

NIH DIA FAKTA TENTANG MAGIC MUSROOM
jamur ini bukanlah jenis jamur yang biasa kita makan, melainkan jamur yang dapat menimbulkan halusinasi. Sebagian besar jamur halusinogenik tergolong dalam genus Psilocybin. Disebut juga sebagai "magic mushroom". 
Kata magic digunakan sebagai penggambaran akibat efek yang timbul setelah mengkonsumsi nya.
  1. Psilocybin mushroom telah diteliti di seluruh dunia dan diekstraksi ke dalam bentuk obat (Indocybin® Sandoz) dipasarkan dengan tujuan eksperimental dan sebagai agen psikoterapi.
  2. Psilocybin dipakai sebagai obat untuk mengobati penyakit neurologik dan psikiatrik. Psilocybin dapat digunakan untuk mengobati nyeri kepala kronis unilateral (cluster headache). Beberapa penelitian menyatakan bahwa penggunaan psilocybin menghasilkan efek terapeutik yang lebih cepat dibanding agen serotonergik lainnya dalam pengobatan gangguan obsesif kompulsif.
  3. Psilocybin mushroom telah digunakan di beberapa negara di dunia sebagai pengganti methadone untuk terapi pecandu narkotika.
  4. Psilocybin mushroom tidak menyebabkan keracunan atau ketagihan

Beberapa efek yang khas dari magic mushroom:
  • Distorsi visual, seolah-olah dinding bernafas dan terjadi pergerakan pada pola yang tenang (khususnya pola garis-garis, kompleks, dan geometris). Pepohonan dan alam raya terlihat seperti mengeluarkan kobaran api atau pusaran air.
  • Senyum dan tawa yang tidak bisa dikontrol
  • Terurainya objek yang jauh menjadi garis pembentuknya
  • Perangsangan sensorik dan motorik syaraf terhadap kebiasaan pribadi (sifat dominan)
  • Sensitivitas yang meningkat saat menyentuh (khususnya menyentuh benda dengan tekstur yang menarik perhatian dan memiliki politur atau lapisan penutup)
  • Sensitivitas yang meningkat untuk mengecap, merasakan tekstur dan temperatur yang ada di dalam mulut
  • Pendengaran menjadi lebih sensitif (mendengarkan musik seperti baru pertama kali mendengarnya)
  • Halusinasi pendengaran (seolah mendengar suara dengan pitch yang tinggi pada latar belakang, suara logam yang bergema seperti berada dalam terowongan metalik, atau suara patahan)
  • Perasaan cahaya terang di sekitar yang ekstrim
  • Tampak visualisasi saat mata tertutup
  • Perasaan seperti ditekan gaya kinetik yang sangat kuat
  • Berbicara yang tak tentu arah, kesulitan dalam fokus untuk menjelaskan suatu hal.. 


Tu lah crita gue tentang mushroom tai sapi .. Kalo lo mau nyoba gampang kok,, tinggal cari tai sapi trus lo tunggu deh sampe be'jamur.. ato cari tai yang udah bejamur. nah jamur nya lo ambil dan cuci bersih... baru olah ke dalam minuman bersoda..minum deh.. ato jamur dicampur telur, trus lo dadar (itu doang cara yg gue tau) ....

eh,, kata nya sih jamur ini di kategorikan ke ke dalam obatan terlarang..
secaraaaaa,, efeknya kayak lagi make ganja..
tapi, di Bali harga nya murah loh,, kalo ganja kan mahal, nah jamur ini di Bali dijual 50ribu per 250 gram.. murah kan .?? (Bisa juga jadi bisnis, heheh itu pun klo lo mau)..

Dah dulu yee cerita gue...

Oiya ni gambar jamur yang gue maksud..
(kurang lebih bgini lah gambar nya)


















Sabtu, 29 Oktober 2011


Medan, Mari Berkebun ... !!!





Inilah komunitas Medan Berkebun, yang saat ini sedang giat bkerjasama membuat kebun di keramaian kota Medan, 


tepatnya di komplek perumahan Tasbih, Ringroad, Medan, lahan telah dibuka.
Kumpulan dari beberapa  komunitas (Slankers Medan, Mhsswa/i arsitek USU, Mhasswa/i FP USU, Blogger Medan, DJ medan, dan penggiat lainnya) yang bergabung dalam 1 komunitas ini merupakan "pion project" untuk menciptakan lahan hijau di tengah kota yang tentunya memberikan manfaat bagi komunitas/warga sekitar.  Kami sudah memulai persemaian bbrapa jenis tanaman sayuran, seperti sawi dan kangkung pada tanggal 23 Oktober 2011. 


Komunitas Medan Berkebun ini merupakan cabang dari gerakan Indonesia Berkebun yang awalnya tergerak di Jakarta (Jakarta Berkebun) pada bulan Februari 2011 silam di kawasan The Royale Springhill Residence, Kemayoran.  

Awal pembukaan lahan ini membakar semangat muda kami (komunitas), Dengan hanya bermodalkan 3-4 buah cangkul, kami bekerjasama (bergantian) mengolah lahan yang awalnya dipenuhi ilalang dan semak belukar, 





Konsep pembuatan model kebun akan dibantu oleh mahasiswa Arsitek FP USU, dan kami (mhsswa Pertanian FP USU) senantiasa berbagi illmu Berkebun yang baik (yang kami dapat selama pembelajaran di kampus).

Keterbatasan lahan yang kami kelola membuat kami tergerak untuk menerapkan Vertikultur, vertikultur adalah pola  bercocok tanam yang menggunakan wadah tanam vertikal untuk mengatasi keterbatasan lahan.






Dimanapun kita bisa berkebun, "Berkebun gak Harus Punya Kebun". Kalo kita gak punya kebun, tanam di pot, kalo gak punya pot, ya tanam saja di kaleng bekas atau botol aqua. 

Medan Berkebun memanfaatkan luasan lahan yang terbengkalai, baik tanah-tanah yang tidak terurus, yang belum dibangun, atau bekas sisa-sisa pembuangan, sehingga dapat difungsikan sebagai                                 Ruang Terbuka Hijau (RTH), 

Kegiatan pengembangan lahan masih mengandalkan komunitas , misalnya ada yang menyumbang kebutuhan benih, bibit, bakal media tanam (paralon, pondasi kayu,dsb), bahkan tenaga kerja pun  menggunakan jasa fisik komunitas.  Tapi untuk kedepannya, kami berharap dapat serius secara ekonomi dengan menjual hasil panenan kebun. Dimana hasilnya bisa untuk keberlangsungan komunitas juga untuk membeli benih dan bibit baru. 

Kebun yang nantinya terbuka untuk umum ini diharapkan menarik rasa peduli masyarakat untuk menghijaukan Indonesia, khususnya kota Medan, Kami pun akan menampung aspirasi serta berbagi pengalaman dengan anda.  








Selasa, 30 Agustus 2011

LUAR BIASA



Bila anda mencari alasan untuk sebuah kegagalan, anda bisa temukan berjuta-juta dengan mudahnya. Namun, alasan tetaplah alasan. Ia takkan mengubah kegagalan menjadi keberhasilan. Kerapkali, alasan serupa dengan pengingkaran. Semakin banyak menumpuk alasan, semakin besar pengingkaran pada diri sendiri. Ini menjauhkan anda dari keberhasilan; sekaligus melemahkan kekuatan diri sendiri. Berhentilah mencari suatu alasan untuk menutupi kegagalan. Mulailah bertindak untuk meraih keberhasilan.

Belajarlah dari penambang yang tekun mencari emas. Ditimbanya berliter-liter tanah keruh dari sungai. Ia saring lumpur dari pasir. Ia sisir pasir dari logam. Tak jemu ia lakukan hingga tampaklah butiran emas berkilauan. Begitulah semestinya anda memperlakukan kegagalan. Kegagalan itu seperti pasir keruh yang menyembunyikan emas. Bila anda terus berusaha, tekun mencari perbaikan di sela-sela kerumitan, serta berani menyingkirkan alasan-alasan, maka anda akan menemukan cahaya kesempatan. Hanya mencari alasan, sama saja dengan membuang pasir dan semua emas yang ada di dalamnya. 

Senin, 29 Agustus 2011

Sudut Malam Kota

Bagiku belum puas rasanya kalau tidak menjalani kota ini di tengah malam..
Bermodalkan ongkos angkot, aku memulai langkah ke sebuah tongkrongan anak jalanan di sudut kota ini.
Tak ada hal aneh yang kulihat saat itu, anak kecil mengamen, pengemis tua dan muda, preman setempat, dan bbrapa orang yang lalu lalang serta suara ribut kendaraan.. 
Untuk menghilangkan rasa cemas yang mendalam, aku memainkan handphone sembari melihat keadaan sekitar sambil duduk di atas batu besar jalanan... 

Hampir satu jam berada di tempat itu, suasana sudah berubah. Tak ada lagi suara bising kendaraan, tak tampak banyak orang yang melintas. Justru yang terlihat adalah membludaknya anak-anak jalanan... Tentu membuatku semakin khawatir. Tapi tetap kuyakinkan diriku untuk melihat realita di tempat ini... 

Semua pikiranku membuyar saat seorang anak menghampiriku... "Bang, bang.. ngapain disini sendirian??. Nanti ada avatar loh, abang pasti takut sama dia... hahahahah", ia mengucapkan nya  ala mabuk sambil meniru gaya tokoh kartun avatar.... Lalu ia mengeluarkan "lem aibon" dari balik baju kusamnya dan menghirupnya.... Terasa bebas, ia terlihat begitu puas .... ia berkata sesuka imajinasinya...
Aku beranjak pergi saat sosok besar mendekatiku... dan Beralih ke sudut lainnya... 

Berbeda dengan situasi ssebelumnya, kini aku dihadapkan dengan "wanita jantan" dengan gaun mini nya...
Dengan cara klasik ia bertanya "bang, dah jam brapa ni ?" (sambil menunjuk arloji yg kupakai)
"Eh, ehm.. udah jam 12 'bang', ups maksudku 'kak'", jawabku ...
"Duuhh, gak usah grogi gtu dong bang dket2 aku..", balasnya dngan PD
(*siapa yg grogi..?? gue takut bukannya grogi)

Dengan dalih menunggu teman, aku berhasil membuatnya menjauh. hufthhh.... 
*agak lega
Semakin larut keadaan dsana semakin menggila, sepasang insan saling bercumbu dibalik tebalnya tembok gedung.... dan yang mengherankannya adalah pasangan sejenis pun mlakukan hal itu di sana.

anak kecil jalanan hanya dapat melihat kbiasaan orang dwasa jalanan itu dengan kepuasaan "mabuk lemnya"...

tak ingin ambil resiko, aku pun terus menelusuri tempat lain... tempat dmana wanita Pekerja Seks Komersial beroperasi malam... melihat dan mendengar proses transaksi agak membuatku geli,. pasalnya banyak juga tukang becak yang menawar dengan harga "murah"., 20 ribu rupiah.. 
* hahaha.. *tertawa dalam benak
mungkin inilah yang dinamakan "lucky". wanita2 tsb blum bruntung shingga mrka menemukan cara buntu dan naif., dengan harga tawaran 20 ribu itu pun mreka meng'iya'kan ... 
(tawaku terhenti)
... 
 ## entah harus menyalahkan siapa atas kondisi seperti itu, salah keluarga kah?? salah pemerintah kah ?? 
atau salah diri mrka sendiri yang tak mau merubah nasib ?? ... Pertanyaan yang tak bsa dijawab sepenuhnya


 
Perjalanan ini kuakhiri pada pukul 3 pagi... 
Belum ada yang bsa kulakukan untuk membantu mereka, belum tuk saat ini. 
Aku berharap agar kelak aku mampu menjadi "garam dan terang" bagi diriku sendiri, keluargaku dan bagi mereka..... 












Kamis, 18 Agustus 2011

Lagu anak-anak yg menyesatkan

sumber : (http://sule-ovj.blogspot.com/2011/08/lagu-anak-anak-yg-menyesatkan.html)

Survey membuktikan, bahwa selama ini Anak Indonesia dari kecil sudah diajari kebohongan. Kagak percaya? Mari kita buktikan :

- Halo-halo Bandung ... Ibu kota Periangan? (bukannya Bandung itu ibu kota Jawa Barat?!)

- Pok ame ame ... belalang kupu-kupu ... siang makan nasi, kalo malem minum susu? (Ini gak jelas banget lagu untuk anak2 atau orang dewasa )

- Nina bobo O nina bobo ... kalo tidak bobo digigit nyamuk? (Menurut psikolog : jadi sekian tahun anak2 Indonesia diajak tidur dgn lagu yang penuh dgn nada mengancam)

- Bintang kecil dilangit yang biru ...?
(Bintang kan adanya malem hari, lah kalo malem emang warna langitnya biru?! Ngaco kan? ...)

- Ibu kita Kartini ... Harum namanya?
(Namanya Kartini ato Harum ?)

- Pada hari minggu kuturut ayah ke kota ... naik delman istimewa ku duduk di muka ? (Naaah, kagak sopan kan ... masak duduk di muka?? Duduk mah di kursi?!)

- Cangkul-cangkul, cangkul yang dalam ... menanam jagung di kebun kita?
(Kalo mau nanam jagung, ngapain dalem-dalem?? emang mau bikin sumur?!)

- Pelangi-pelangi alangkah indahmu ... pelukismu agung, siapa gerangan?
(Kan udah tau yang ngelukis si Agung, masih nanya siapa gerangan?!)

- Ambilkan bulan bu ... Ambilkan bulan buu .. Yang slalu bersinar di langitt?
(Duuh ... ngerepotin emak lu aje, Nak ... Lu kira astronot ape emak elo bisa ngambilin bulan)

- Si kancil anak nakal suka mencuri ketimun , ayo lekas dikurung jangan diberi ampun (wah parah!! Lagu ini mengajarkan anak anak untuk tidak memberi belas kasihan atau kesempatan kedua , sadis ...)

- "untuk menemani tidurku di malam ini"? di lagu ambilkan bulan bu ( emang dikira rumahnya segede istana apa? Istana aja belom tentu bulan muad )